Senin, 03 Agustus 2015

Surga Kecil di Hamparan Aceh Besar

Wisata Alam Aceh Berkualitas Internasional

Aceh, suatu provinsi yang terletak paling ujung pulau sumatera  merupakan provinsi paling barat dari Negara Indonesia. Suhu politik yang sempat memanas serta bencana yang sering mengunjungi nya adalah penyebab sedikitnya kemajuan infrastruktur di Aceh. selain infrastruktur yang minus, kunjungan "orang asing" untuk bermain-main ke Aceh sangat kurang. Hal itu yang membuat Aceh kurang terekspos di telinga Indonesia dan Dunia. Beberapa tahun belakangan, Pemerintah Aceh gencar dalam melakukan upaya pengeksposan diri, dengan banyak membuat program pariwisata, seperti Visit Aceh, Visit Sabang serta gencar melakukan pemilihan duta wisata untuk meningkatkan sumber daya manusia yang mampu mengolah wisata-wisata yang ada di Aceh.

Usaha serta kerja keras dari seluruh elemen masyarakat Aceh menjadikan nya sebagai destinasi wisata islami dunia, sebuah pencapaian yang luar biasa dibidang pariwisata. selain itu, sabang merupakan salah satu tempat favorit yang dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara, keindahan alam yang luar biasa dari sabang mampu bersaing dengan berbagai tempat wisata mendunia di Indonesia lainnya seperti Bali, Wakatobi dan Raja Ampat. selain sabang, Kabupaten Aceh besar memiliki beragam objek wisata yang tak kalah menarik, namun sayang, infrastruktur yang tidak mendukung menjadikan beberapa objek wisata yang berkualitas menjadi tidak terkenal, karena susah untuk dikunjungi. Berikut beberapa deskripsi tentang beragam destinasi objek wisata berkualitas Internasional yang ada di Kabupaten Aceh Besar.

1. Kuta Malaka

Objek Wisata ini terletak di daerah pegunungan bukit barisan Kabupaten Aceh Besar, tepat nya di Desa Samahani, Kecamatan Kuta Malaka. Dengan menempuh perjalanan kurang lebih 45 Menit, kenikmatan Kuta Malaka dapat dirasakan. Keindahan alam yang indah nan mempesona ini tidak sejalan dengan kondisi Infrastruktur jalan yang ada, untuk mencapai bukit kuta malaka, kita harus melewati 5 sungai dangkal yang alur nya cukup deras. Tidak ada jembatan, menyeberangi sungai harus dengan motor yang dikendarai, tak jarang ada beberapa motor yang kehilangan daya nya saat menyeberangi sungai-sungai ini.


Tapi tenang, keletihan yang diakibatkan perjalanan yang menantang akan segera terobati oleh harum nya keadaan pengunungan yang menyejukkan. Ada dua buah objek wisata yang terkenal di Punggung Bukit Barisan ini, yang pertama adalah Bukit Kuta Malaka. Bukit ini merupakan tempat tujuan destinasi utama para pemuda-pemudi yang ingin Hunting maupun Refreshing. Dari bukit ini, kita bisa menikmati pemandangan pegunungan yang luar biasa indah, "serasa awan hampir bisa digenggam", ya begitulah metafora kata yang mampu mengungkapkan pesona bukit ini. Dengan latar belakang hijau nya pengunungan, menjadikan tempat ini cocok sekali untuk kegiatan Hunting foto, baik selfi maupun profesional fotografer. Bukit Kuta Malaka ini di baluti dengan rumput ilalang yang menyejukan mata, indah sekali, seakan kita berada di sebuah negeri dongeng. Tak puas jika hanya sekedar melihat foto-foto orang yang telah mengunjungi kuta malaka, jom rasakan sendiri nikmatnya kawasan pengunungan bukit barisan. Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen indah ini.


selanjutnya, setelah berlelah-lelah menaiki dan menuruni bukit kuta malaka, asik nya menikmati sesuatu yang menyegarkan. Tapi, yang satu ini bukan lah makanan, melainkan sentuhan alam yang mampu menyejukan dan menyegarkan kembali jasad yang letih. Inilah, Air terjun Kuta Malaka, dengan menuruni anak-anak tangga yang telah disediakan oleh pengelola parawisata, kita bisa menikmati air terjun ini. Air yang berasal dari pengunungan tentu menyejukan, nikmati segarnya air pengunungan asli Bukit Barisan. Banyak sekali pemuda-pemudi yang mengunjungi air terjun ini, karena tak lengkap rasanya bila hanya mengunjungi Bukit Kuta Malaka tanpa mengunjungi Air Terjun Kuta Malaka. Kedua Objek Wisata Alam ini merupakan paket lengkap yang jarang sekali daerah ataupun objek-objek wisata lain miliki, karena jarak antar kedua objek wisata ini sangat berdekatan. Ayo, tunggu apalagi guys, kunjungi segera Obyek Wisata Kuta Malaka, jangan lupa ajak teman-teman mu yang banyak ya. Dan ingat, selalu jaga lingkungan setiap kamu mengunjungi wisata alam, karena keindahan alam dapat hilang dan rusak oleh kekejian manusia. Visit Aceh Besar 2015 !

2. Lhok Mata Ie

Nah, objek wisata yang satu ini luar biasa unik dan indah. keunikannya diakibatkan karena hanya pengunjung Pria/Laki-laki yang diperbolehkan. indah nya pantai Lhok Mata Ie menurut saya mengalahkan keindahan pantai-pantai yang ada di Pulau Bali. Letak Objek wisata ini tersembunyi di balik sebuah bukit yang terletak di daerah Kabupaten Aceh Besar, namanya Bukit Ujung Pancu. dibutuhkan usaha yang ekstra keras untuk bisa menikmati kenikmatan alam yang luar biasa ini, karena kita harus berjalan mendaki sebuah bukit yang cukup melelahkan, ditambah lagi dengan kondisi hutan yang masih belum tersentuh. apalagi jika kondisi hujan, maka anda akan mendapatkan pendakian yang ektrem, karena kondisi jalan yang akan dilalui menjadi licin. dibutuhkan waktu 45-60 menit berjalan kaki menembus liarnya bukit ujung pancu, dan diakhir perjalanan anda akan menemukan sebuah mata air segar asli yang berasal dari bukit itu sendiri. kondisi pantai yang masih sangat bersih dan jarang tersentuh membuat banyak pemuda-pemuda aceh yang ingin mengunjungi tempat itu, tak jarang banyak sekelompok pemuda yang bermalam dengan mendirikan tenda seada nya di pinggir pantai. jika anda bermalam di pantai ini, anda akan di suguhi pemandangan malam yang luar biasa indah.




 Pantai dengan gelombang yang tenang menjadikan tempat ini tidak berbahaya bagi perenang. keindahan pantai ini bertambah dengan putih nya pasir pantai serta pemandangan pulau-pulau kecil yang ada disekitar lokasi. keindahan bawah laut nya juga ada, sering sekali pengunjung pantai ini membawa alat-alat snorkling seadanya untuk dapat sekedar melihat indah nya ciptaan tuhan. lokasi pantai yang terletak di jalur laut perdagangan internasional juga sering memperlihatkan kapal-kapal tongkang (minyak) yang berlalu lalang. air nya yang biru menjadikan pantai ini seperti surga dunia, memperlihatkan kesempurnaan ukiran alam yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa.



Ayo, Visit Aceh atau Visit Aceh Besar sekarang, nikmati keindahan alam yang tak kalah dengan keindahan Hawai ataupun Raja Ampat. Kalau  ada destinasi wisata berkualitas dunia yang lebih murah dan dekat, buat apa menghamburkan uang untuk sekedar menikmati destinasi wisata yang setara. majukan wisata negerimu, perkenalkan keindahan wisata daerahmu pada dunia, biar dunia tahu bahwa ada surga yang tersembunyi dibalik negeri seribu warung kopi ini.

Visit Aceh 2015
Visit Aceh Besar 2015
Majukan Wisata Alam Daerah mu demi kemajuan Bangsa dan Negara. Wonderful Aceh ku jayalah bangsa ku.

3. Taman Hutan Raya Aceh Besar


Sebenarnya memiliki nama Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan, merupakan kawasan objek wisata yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Aceh Khususnya. terleak di kawasan jalan Banda Aceh-Medan, objek wisata ini selalu ada pengunjung setiap hari nya. nah unik nya, taman hutan raya aceh besar ini memiliki begitu banyak objek wisata yang luar biasa menarik. Di pusat lokasi taman hutan raya ini ada sebuah taman yang memiliki sebuah rumah pohon sebagai Icon taman ini. Rumah Pohon ini begitu banyak pengunjungnya, biasanya mereka ingin mengabadikan keunikan rumah pohon ini dalam sebuah foto. Dari Kota Banda Aceh menuju Objek wisata ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 Jam.



Selain Rumah Pohon, Taman Hutan Raya juga memiliki Jungle Track, dimana kita akan dibimbing oleh polisi hutan yang menjaga kawasan tersebut. jika beruntung, kita dapat menikmati sunset yang indah dari lokasi tersebut. selain wisata-wisata buatan, Taman Hutan Raya juga memiliki sebuah lokasi objek wisata alam yang berada lumayan jauh dari Pusat taman Hutan Raya, dibutuhkan waktu sekitan 1 jam berjalan kaki melewati perbukitan serta lahan perkebunan warga, selain itu kondisi bukit yang curam membuat tenaga kita akan habis terkuras. perjalanan menuju lokasi air terjun akan didampingi oleh polisi hutan, karena luasnya daerah hutan tersebut memungkinkan para pengunjung terjebak atau tersesat ketika melakukan perjalanan. Air terjun yang ada di kawasan ini terdiri dari dua air terjun, yang pertama disebut air terjun agam (Baca: Laki-Laki), air terjun ini memiliki debit air yang lebih banyak dibandingkan air terjun Inong (Baca: Perempuan). kedua air terjun ini tidak berhubungan satu dengan yang lain, tetapi letaknya saja yang berdekatan. Dibawah merupakan gambaran dari air terjun inong yang memiliki debit air yang relatif kecil dibandingkan air terjun agam (Diatas).





sekali lagi, jika ingin mengunjungi tempat-tempat objek wisata alam, tolong jagalah lingkungan nya, agar nanti kedepannya anak cucu kita bisa ikut menikmati keindahan alam yang ada di Aceh khusus nya Aceh Besar. 

4. Lamreh


Ya, objek wisata yang satu ini sudah pernah di beritakan disalah satu TV swasta terkenal negeri ini, kondisi nya yang masih asri dan lokasi nya yang berada di tebing perbukitan aceh besar yang indah cukup memuaskan mata. karena perjalanan yang cukup memakan waktu dan tenaga. namun tidak seperti objek wisata yang lain, lamreh memiliki kondisi sarana dan prasarana yang terbilang cukup baik. lamreh merupakan tempat paling favorit bagi pemuda-pemudi aceh yang ingin eksis, pemandangan nya yang seperti di skotlandia dan inggris ini begitu indah jika diabadikan dengan kamera. keindahan alam lamreh tidak bisa diungkapkan oleh kata-kata, tak cukup rasanya bila hanya menikmati indahnya lamreh dari foto-foto saja. iya, pemandangan laut lepas nya begitu indah, apalagi keindahan yang muncul dari tebing-tebing yang ada di lokasi.



selain pemandangan nya yang indah, kita juga dapat menikmati indahnya lautan yang biru, sejuk nya angin laut dan hangatnya terik matahari. selain untuk mengoleksi foto, biasa nya banyak yang datang ke lokasi ini untuk merayakan hari bahagia atau hari ulang tahun kerabatnya. seneng nya bisa merayakan ulang tahun dengan di temani keindahan alam yang luar biasa. nah, sekarang kita tinggal mencari cara bagaimana melestarikan terus objek wisata alam hingga mampu bertahan sampai kemudian hari, sebaiknya pemerintah aceh juga harus berbenah dalam mempersiapkan infrastruktur yang memadai agar objek wisata yang seindah ini dapat dinikmati oleh banyak orang. tidak pernah lelah bagi saya untuk sekedar mengingatkan, please always keep your environment clean !

sekian dulu cuplikan beberapa objek wisata yang ada di aceh besar, masih banyak lagi objek-objek wisata alam yang eksotis, dan tentunya akan di kupas hanya di sandiputrakelana.blogspot.com. Tunggu postingan-postingan menarik tentang objek wisata yang ada di aceh besar selanjutnya.

Note : Foto-foto yang ada merupakan dokumen pribadi. Terimakasih


1 komentar

I'm in love with this article! Maybe next time you must write about the other places that might be beautiful too. You can write about jantang, geurutee, lhokseudu, suhom waterfall, and many more! :D


EmoticonEmoticon