Minggu, 17 April 2016

Sabang The Center of Aceh Marine Tourism


Edisi kali ini, saya akan membahas tentang sabang. iya, meskipun banyak orang telah mengetahui tentang sabang, namun ada beberapa hal unik dari sabang yang belum diketahui banyak orang. jika orang mengenal sabang dengan tugu kilometer nol, surga bawah laut dan pemandangan pantai yang begitu eksotis, tetapi banyak dari mereka yang belum mengetahui beberapa destinasi wisata alam yang ada di pulau weh tersebut alias kurang terekspos.



(Sumber: Pesonaindo.com)

Welcome to sabang, here you can feel the powerfull of indonesian harmony.

Sebelum kita mengeksplor lebih jauh tentang surga yang tersembunyi, mari kita gali informasi mengenai sabang. kota sabang merupakan salah satu kota di provinsi aceh, Indonesia. kota ini berupa kepulauan di sebelah utara pulau sumatera dengan pulau terbesar nya adalah pulau weh. kota sabang merupakan zona ekonomi bebas Indonesia, ia sering disebut sebagai titik paling utara Indonesia, tepatnya dipulau Rondo.

Oke, let's begin the journey. We start from ..

1. Balohan Port
(Sumber: Panoramio.com)

Balohan, merupakan nama pelabuhan yang terletak di selatan pulau weh. balohan merupakan bagian pulau sabang yang paling pertama dikunjungi. jika teman-teman berniat pergi ke pulau sabang, teman-teman harus melewati pelabuhan balohan. sepanjang perjalanan dari pelabuhan uleelheu dikota Banda aceh menuju pelabuhan balohan di sabang, teman-teman akan dimanjakan oleh kehadiran sekelompok lumba-lumba yang melakukan atraksi lompat udara. tidak hanya itu, suasana indah pulau sabang juga sudah mulai tercium sejak kapal akan memasuki wilayah pelabuhan, jika teman-teman beruntung, akan nampak sunset yang indah menawan dari atas kapal.

2. Anoi itam Beach


(Sumber: fandryjalanjalan.wordpress.com)

perjalanan kita dimulai di sebelah timur pulau weh atau sebelah timur balohan port. sering disapa dengan pantai anoi itam, pantai ini memberikan kesan yang sangat indah pada setiap mata yang memandangnya. dihiasi oleh batu-batu karang serta laut lepas selat malaka, membuat ombak di pantai ini cukup memuaskan untuk disentuh. keindahan pantai ini bertambah epic jika teman-teman menikmati kehadiran matahari terbit (sunrise). so, jika teman-teman berkunjung kepulau weh, jangan sampai melewati keindahan pantai anoi hitam ini ya. nah, pantai ini merupakan salah satu dari banyak nya kakayaan wisata laut kota sabang. perjalanan kita selanjutnya tidak kalah seru nih, kira-kira kemana ya?

3. Sumur Tiga Beach


(Sumber:disbudpar.acehprov.go.id)

hai temans, jika tadi kita sudah mengunjungi pantai berpasir hitam nan eksotis. sekarang saatnya kita menapaki kilauan indah putihnya pasir pantai sumur tiga. pantai sumur tiga terletak disebelah timur pulau weh atau sebelah timur pelabuhan balohan. jarak dari pantai anoi hitam ke pantai sumur tiga tidak terlalu jauh. pantai sumur tiga memberikan kesan luar biasa mempesona bagi setiap wisatawan yang mengunjungi nya. kesan yang diberikan oleh sumur tiga beach ini membuat banyak wisatawan ingin kembali lagi ke sabang dan menikmati panorama one of the queen sabang marine's. air nya berwarna biru begitu serasi dengan putih nya pantai. ombak yang sedayu dan tidak terlalu agresif sangat cocok untuk menikmati hangatnya mentari sembari merendam diri. guys, sebelum kita ke sumur tiga beach, ada 2 objek wisata yang terlewati, yaitu japaness fortress dan aneuk laot lake. ya, objek wisata peniggalan jepang yang masih dilestarikan oleh masyarakat aceh menjadi saksi bisu atas kehadiran jepang di Aceh, benteng peninggalan jepang ini jaraknya cukup dekat dengan pantai anoi hitam. letaknya yang berada di antara 2 surga laut sabang, membuat nya tidak terlalu populer ditengah wisatawan. banyak sekali sejarah penting pada situs ini, untuk itu, sempatkanlah diri temans untuk mengunjungi situs ini ya. nah, pemandangan dari atas situs ini juga tidak kalah indah, sebab situs ini langsung berada di pinggir laut yang masih merupakan kawasan anoi hitam.


 Gambar Benteng Peninggalan Jepang
(Sumber: visitacehdarussalam.blogspot.com)

dan masih ada satu lagi destinasi wisata yang hampir kita lewati temans. tahukah temans bahwa di sabang juga ada sebuah danau?, ya, hampir kebanyakan masyarakat aceh hanya mengetahui bahwa hanya danau laut tawar yang dimiliki bumi aceh ini. ternyata, sabang juga memiliki danau yang tidak kalah indah. letaknya yang berada diantara pantai dan bukit membuat nya lebih menarik. keindahan nya tampak sempurna jika kita melihat dari atas bukit disekitar danau ini. 



Gambar danau aneuk laot, sabang.
(Sumber: wego.co.id)


Sungguh menarik bukan destinasi wisata yang ada di kota sabang, ayo tunggu apalagi. visit sabang, feel the warm embrace.

4. Kasih Beach
Berbicara tentang potensi laut yang ada di kota sabang, tidak ada habisnya. begitulah ungkapan yang bisa saya utarakan. ya, sebab sabang dianugerahi begitu banyak pantai yang indah. salah satu nya adalah pantai kasih. jika di pantai anoi hitam dan pantai sumur tiga memiliki ombak yang cenderung tenang, nah pantai kasih menjadi tujuan utama para peselancar. karena pantai kasih memiliki ombak yang cocok untuk berselancar. dengan pantai yang ditaburi pepohonan kelapa, membuat keindahan kasih beach menjadi sempurna. kelelahan saat berselancar langsung dapat diatasi dengan meneguk segarnya air kelapa di pantai kasih itu sendiri. pantai kasih menjadi destinasi yang cukup populer juga, dikarenakan jaraknya yang hanya 2 km dari pusat kota sabang. jarak yang dekat inilah justru membuat wisatawan pergi mengunjungi pantai ini dibandingkan dengan pantai yang lainnya.



(Sumber: kangdeso.blogspot.com)

pantai kasih merupakan destinasi laut yang terakhir disisi sebelah timur pulau weh. tetapi masih ada 3 destinasi wisata yang juga dapat berpotensi menarik minat wisatawan, diantaranya, monumen sabang-mareuke, sabang hills dan sabang fair.



Gambar Monumen Sabang-Mareuke
(Sumber: oneothonk.blogspot.com)

Sempatkanlah mengunjungi semua destinasi wisata yang ada di sebelah timur pulau weh ya temans. selamat berlibur :)



sekarang, kita akan menjelajahi bagian barat pulau weh, kira-kira destinasi berbasih laut apa saja yang ada di sebelah barat pulau weh. wah, sudah tidak sabar lagi nih untuk menjelajahinya.

5. Pasir putih beach


(Sumber: hijrahheji.blogspot.com)

Hai temans, di bagian barat pulau weh, kita akan mendapati jamuan spesial nih dari pantai pasir putih. dari nama nya saja sudah jelas bahwa pantai indah ini memiliki pasir yang berwarna putih dengan air laut yang biru tenang. iya, pemandangan yang luar biasa indah jika kita mendapatkan kesempatan melihat kehadiran sunset atau matahari terbenam. letak pantai ini cukup terbilang jauh dari pelabuhan balohan. namun, yang harus teman-teman ketahui, sebelum mencapai pantai ini, kita akan melewati 2 destinasi wisata lainnya, yaitu jaboi volcano dan hot springs. letak jaboi volcano dan hot springs cukup terbilang dekat. yang unik dari jaboi volcano ini adalah keadaan nya yang sangat mirip dengan lembah sulfur yang ada di jawa barat. namun jaboi kurang diminati masyarakat terutama wisatawan. nah, untuk itu diperlukan kerja sama dari masyarakat dan pemerintah setempat untuk membuat tempat ini populer. 


(Sumber: dunia.news.viva.co.id)

Jaboi, merupakan nama sebuah gunung berapi yang masih terbilang aktif karena terdapat beberapa ciri, yaitu terdapat sumber sulfur dan air panas di sekitar lokasi ini, dan destinasi pemandian air panas yang terkenal adalah hot springs. temans bakalan merasa nyaman ketika merendam diri temans disini. kandungan sulfur nya yang pas membuat diri temans rileks sekaligus mengisi kembali energi temans yang telah lelah berpetualang.


(Sumber: ilovedavao.com)

Hot spring ini begitu unik lho temans, sebab letaknya yang berdekatan dengan laut. penasaran?, yuk langsung berkunjung ke pulau weh.

6. Pulau Rubiah

hai temans, sejak temans memanjakan diri di pantai pasir putih, temans tidak akan mendapatkan destinasi laut lagi disepanjang pesisir barat pulau weh, namun tenang temans, kita akan menyusuri pesisir teluk bagian utara yang masih terbilang wilayah barat pulau weh. teman akan mendapatkan surganya destinasi laut kota sabang. nama nya adalah pulau rubiah. pulau ini terletak tidak terlalu jauh dari daratan utama kota sabang. pulau rubiah ini cukup terkenal lho temans. temans bakal disuguhkan oleh berbagai macam jenis wisata air disini, dan beberapa diantara nya yang cukup terkenal adalah diving and snorkling. sebab, pulau rubiah menyajikan pemandangan bawah laut yang luar biasa. keasrian dan kelestarian terumbu karang beserta ekosistemnya masih terawat apik.


(Sumber: arraziibrahim.com)

selain pemandangan laut nya yang luar biasa, temans juga akan dimanjakan oleh pemandangan daratan pulau rubiah yang fantastik yang membuat temans tidak ingin beranjak dari pulau mungil ini.
ayo, kita berkunjung ke pulau rubiah. keanekaragaman bawah lautnya yang kaya akan mebuat temans puas lho. jangan lupa, visit sabang ya, the center of aceh marine tourism.




berkenaan dengan marine tourism, dinas budaya dan pariwisata aceh menggelah sabang marine festival lho temans, jangan lupa berkunjung ya pada acara habat ini, tanggal pelaksanaanya adalah tanggal 26-30 april 2016.

7. Iboih Beach
 Setelah temans menyeberang ke pulau rubiah, kehadiran temans telah ditunggu loh oleh pantai iboih yang super cantik. nah, pantai iboih sangat mempesona, karena air nya yang bening akan menampakan keindahan bawah lautnya. tidak hanya di pulau rubiah, pantai iboih ternyata menyimpan potensi untuk menjadi surga bawah laut dunia. 


(Sumber: wisataaceh.com)

Pantai Iboih Merupakan tujuan utama wisman dan wisnus yang berkunjung ke pulau sabang. so, tunggu apalagi temans, ayo ke sabang.

8. Gapang Beach
temans, gapang beach akan teman jumpai setelah temans menikmati wisata taman bawah laut dipulau rubiah dan pantai iboih. sama seperti pantai-pantai yang terdapat di pulau weh pada umumnya. pantai gabang memiliki pasir bewarna putih dan ombak yang terbilang tenang. degan angin yang sepoi-sepoi membuat gabang beach sangat cocok untuk bersantai. pantai gapang juga terkenal dengan lumba-lumba diving club nya lho, karena gapang beach sangat sering dikunjungi oleh sekelompok lumba-lumba yang selalu menjadi atraksi yang menarik bagi wisatawan.


(Sumber: distance-fromto.com)

wah, terasa begitu lelah ya temans setelah kita mengitari seluruh pulau weh ini. pengalaman yang temans dapat juga luar biasa lho, temans tidak akan mendapatkan kenangan yang sama dari tempat lainnya. kalau begitu untuk meringankan lelah temans, mari kita ke Hydrothermal bawah laut sabang, temans bisa merilekskan otot-otot teman yang telah terlalu banyak asam laktat nya.


(Sumber: info-backpacker.com)

sudah puas dengan merileksasikan otot temans, ayo kita menyudahi perjalanan ini. eits, ternyata oh ternyata, saya lupa mengajak temans ke pulau paling utara indonesia. ya, pulau rondo namanya. kira-kira ada apaya di pulau rondo ?


9. Pulau Rondo


(Sumber: online-instagram.com)

 yang perlu temans ketahui, bahwa pulau rondo memiliki view yang hampir mirip dengan raja ampat di papua. ada banyak gugus pulau-pulau karang yang menjadi tempat favorit persembunyian ikan-ikan besar. sehingga, pulau rondo sering dijadikan wisata memancing oleh sebagian wisatawan. view yang dihadirkan pulau rondo untuk temas juga akan menambah kesan kebanggaan teman akan indah nya indonesia. ayo, segera rencanakan liburan temans ke sabang ya, sabang the wonderful marine tourism.

nah, sekian perjalanan kita mengarungi wisata laut yang ada dikota sabang. pasti temans sudah tidak sabar ya ingin mengarungi indah nya pulau sabang. ayo ke sabang, tidunggu kehadirannya lho temans. sehubungan dengan sabagng marine festival yang diadakan setiap tahunnya di kota sabag, saya menyarankan temans untuk datang dan mengunjungi sabang ketika diadakannya sabang marine festival. jangan lupa temans, ayo visit sabang, the center of marine tourism.

Note: Foto bukanlah miliki pribadi penulis, melainkan berasal dari berbagai sumber.

berikut video sabang marine festival 2016. selamat menyaksikan dan selamat berwisata.
https://www.youtube.com/watch?v=igIE41FbU-Q




EmoticonEmoticon